.

STOP Kekerasan dalam keluarga CIPTAKAN SUASANA NYAMAN DALAM KELUARGA

Senin, 03 Desember 2012

Perempuan dan Anak Paling Rentan Tertular HIV

Ghiboo.com - Kasus HIV di Indonesia umpama fenomena gunung es. Artinya kasus yang terdeteksi hanya sebagian kecil dari kasus yang sebenarnya di masyarakat.

Menurut Laporan Situasi HIV dan AIDS Kemkes, jumlah kumulatif kasus AIDS di Indonesia meningkat tajam dari 7.195 di tahun 2006 menjadi 76.879 di tahun 2011.

"Rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai HIV/AIDS mendukung semakin tingginya angka penularannya," ungkap Drg. Ida Suselo Wulan, MM dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (1/12).

Menurutnya, perempuan dan anak paling rentan terkena penularan HIV/AIDS. Penularan HIV melalui seks berisiko masih menjadi penyebab utamanya.

Dalam laporan bulan Januari hingga Maret 2012 Kemkes diketahui presentase penularan dari ibu positif HIV ke anak sebanyak 5,1 persen. Kebanyakan perempuan tertular dari pasangannya, kemudian diwariskan kepada anaknya.

Drg. Ida menyarankan setiap pasutri menjaga kesehatan sistem reproduksi demi mengurangi tingkat penularan HIV/AIDS.

"Perempuan akan memproduksi sumber daya manusia (melahirkan). Jika dia positif, pada akhirnya akan menghasilkan anak yang tidak berkualitas baik bagi keluarga dan bangsanya," tambah drg. Ida.
Sumber : http://id.she.yahoo.com/perempuan-dan-anak-paling-rentan-tertular-hiv-153000038.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar