Selain orangtua, sekolah juga berperan penting dalam membesarkan dan mensosialisasikan anak. Diperlukan jalinan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua untuk meningkatkan hubungan positif antara guru dan siswa.
Sikap orang tua dan guru yang sama terhadap pembelajaran anak akan
memberikan teladan yang baik bagi anak. Orang tua dan guru perlu selalu
mengkomunikasikan sikap dan reaksi anak sehingga anak akan merasa di
dukung dan bisa menunjukkan reaksi yang jelas, terdorong untuk
meningkatkan kemampuan, bertanggung jawab, merasa aman dan senang,
dewasa dan mandiri.
Kerjasama orang tua secara aktif dengan sekolah bergantung pada minat,
kemampuan, kesempatan, dan motivasinya. Pembelajaran akan berlangsung
baik jika ada kerjasama antara orang tua dan guru. Guru adalah
profesional dalam bidang pendidikan dan belajar, tetapi untuk anak
berkebutuhan khusus, fungsi guru tidak akan optimal tanpa dukungan orang
tua.
A. Tingkatan Keterlibatan Orang Tua di Sekolah
1. Orang tua sebagai mitra dalam pendidikan anak, tetapi pasif dalam
menerima pelajaran dari sekolah sehingga anak merasa bingung dengan dua
dunia yang berbeda. Pembiasan-pembiasaan di rumah berbeda dengan apa
yang diajarkan di sekolah sehingga anak akan menemui masalah dalam
pembelajaran dan penyesuaian.
2. Orang tua sebagai pendukung pembelajaran anak di sekolah. Orang tua
sangat merespons positif semua pembelajaran yang berasal dari sekolah
dan menuntun anak untuk mengerjakannya sehingga anak merasa bertanggung
jawab terhadap dirinya berdasarkan bimbingan dari sekolah dan arahan
orang tuanya.
3. Orang tua sebagai peserta aktif dalam pembelajaran sekolah. Di sini
orang tua dan guru saling bekerja sama dan berkomunikai, memberikan
masukan-masukan tentang pemberian PR dan permasalahan anak sehingga
terjalin kesamaan sikap serta norma yang akan memantapkan anak dalam
pembelajaran dan perkembangannya. Kerjasama seperti ini bisa membantu
anak mencegah kesulitan belajar dan penyesuaian diri.Bagi anak
berkebutuhan khusus, jenis hubungan yang saling percaya ini akan
menunjang kesejahteraannya, penyesuaian sosialnya, dan terpenting
belajarnya.
B. Pentingnya Keterlibatan Aktif Orang Tua Di Sekolah
1. Membuat orang tua sadar efek positif yang telah mereka buat terhadap
anaknya ( bagaimana dan apa saja pengaruhnya, apa yang telah mereka
lakukan di rumah untuk pembelajaran anak di sekolah) sehingga orang tua
memahami bahwa rumah dan sekolah bukanlah dua dunia yang berbeda.
2. Membuat orang tua menyadari bahwa apa yang telah mereka lakukan
sangatlah penting bagi pembelajaran anak di rumah dan di sekolah.
3. Diskusi orang tua dan guru tentang pembelajaran anak merupakan cara
yang efektif yang akan berdampak positif bagi anak dalam kehidupan
sehari-hari,
4. Membantu orang tua melihat bahwa cara mereka berinteraksi dengan
anaknya di rumah mempengaruhi kesejahteraan, kebahagiaan, dan
perkembangan sosial dan akademik anak. Kerjasama antara sekolah dan
rumah dapat mencegah timbulnya permasalahan pada diri anak.
5. Mengembangkan wawasan guru dan sekolah tentang kehidupan anak
sehari-hari. Wawasan, inisiatif, pengelaman, dan kreatifitas orang tua
harus diperhatikan guru untuk menjalin kerjasama yang positif sehingga
pengalaman anak di sekolah terintredasikan secara bermakna dan relevan
ke dalam kehidupan sehari-harinya.
Bila kerja sama antara guru dan orang tua sudah terjalin bagus akan
memberikan kemudahan untuk mencari solusi dan menyamakan langkah dalam
membimbing anak.
Sumber : http://pondokibu.com/kerjasama-orangtua-dan-guru-dalam-membantu-anak-belajar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar