.

STOP Kekerasan dalam keluarga CIPTAKAN SUASANA NYAMAN DALAM KELUARGA

Kamis, 20 September 2012

Bermain Di Luar Stimulasi Pertumbuhan Anak

Tahukah Anda apa yang menjadi ‘tugas’ anak-anak? Bermain. Dan ‘tugas’ yang menyenangkan ini ternyata juga dapat menstimulasi kecerdasan anak.
Banyak hal yang terjadi ketika anak-anak bermain. Mereka akan belajar mengenal lingkungannya, belajar berinteraksi, belajar bertoleransi, serta berani mengeksplorasi diri sehingga menjadi lebih kreatif.
Bahkan menurut pengamatan yang dilakukan BBC melalui proyek Child of Our Time, bermain membuat anak lebih sering tertawa. Apa manfaat yang dirasakan anak ketika mereka banyak tertawa? Tak hanya membuat mereka merasa lebih bahagia tetapi juga membuat otot jantung serta paru-paru mereka bekerja lebih aktif. Ini kemudian membuat sistem imunitas mereka bekerja lebih optimal.
Dan tahukah Anda, permainan apa yang bisa bisa menstimulasi mereka lebih sering tertawa? Ternyata permainan di luar rumah atau outdoor memberikan anak-anak ‘hak istimewa’ untuk tertawa lebih lepas. Permainan di ruang terbuka biasanya lebih aktif sehingga menuntut mereka untuk berinteraksi.
Ketika mereka diajak untuk berinteraksi, tanpa disadari mereka sudah distimulasi untuk berpikir kreatif  dalam menghasilkan permainan-permainan yang dapat membuat dirinya dan teman-temannya terhibur. Bahkan tidak jarang interaksi yang terjadi ketika anak-anak bermain di ruang terbuka menuntut tubuh mereka untuk bergerak aktif, ini sudah pasti membuat pertumbuhan tulang serta otot mereka lebih kuat.
Contoh permainan sederhana di ruang terbuka yang bisa mencakup semua manfaat itu adalah bermain bola. Permainan ini adalah permainan aktif yang melibatkan beberapa orang. Dan kita orang tua, sangat disarankan untuk ikut bermain bersama mereka karena akan mencairkan hubungan orang tua dengan anak. Ini akan membuat anak-anak merasa dekat dan percaya dengan orang tuanya. Kepercayaan inilah yang nantinya membuat anak lebih mendengarkan apa yang dikatakan orang tuanya ketimbang yang dibicarakan teman-temannya.
Aktivitas melempar, menangkap, dan menendang bola akan melatih mereka untuk menjaga keseimbangan dan koordinasi dengan anggota tubuh lain. Di sinilah motorik kasar mereka akan terstimulus dengan sempurna. Bonusnya, anak-anak kita akan menjadi lebih sehat dan bugar karena bermain bola termasuk olahraga kardiovaskuler.
Bonus lainnya, daya kreativitas anak juga bisa dilatih dengan mengajak anak memberikan variasi dalam permainan bola. Tak hanya melempar, menangkap, dan menendang bola, anak-anak dapat menggunakan daya imajinasinya untuk menciptakan kegembiraan dengan mencari cara lain untuk bermain bola. Misalnya, tantang dia untuk memainkan bola dengan alat permainan lain yang dia miliki. Alhasil, anak tak hanya menjadi kreatif tapi juga berani menciptakan solusi dari setiap tantangan yang diberikan.
Begitu banyak manfaat yang bisa kita berikan kepada anak hanya dengan membiarkan mereka bermain bola di luar rumah. Jadi mulai hari ini, mari kita stimulasi anak untuk menjadi lebih aktif dan kreatif dengan cara yang menyenangkan yaitu dengan memberikan kebebasan bagi mereka untuk bermain di luar.
Semoga bermanfaat,,,^_^

Sumber : http://www.tabloidnova.com/Nova/Keluarga/Anak/Bermain-Di-Luar-Stimulasi-Pertumbuhan-Anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar