.

STOP Kekerasan dalam keluarga CIPTAKAN SUASANA NYAMAN DALAM KELUARGA

Selasa, 15 Januari 2013

Tips Meningkatakan Minat Baca Anak

Ghiboo.com - Mengenalkan bacaan dan mengajarkan anak untuk membaca bukanlah hal yang mudah, apalagi sang anak masih berusia dini.

Namun tak berarti hal ini menghalangi anda untuk mengenalkan anak untuk membaca.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menarik minat baca anak yang diberikan oleh Psikolog ternama Dr.Rose Mini AP,M.Psi

1. Ciptakan budaya baca sejak dini

Pada dasarnya anak adalah peniru terbaik dari orang tuanya. Oleh karena itu setiap prilaku orang tua akan ditiru oleh anak termasuk prilaku suka membaca. Langkah terbaik yaitu memberikan contoh sekaligus mendampingi anak-anak untuk belajar membaca.

2. Rekreasi membaca

Salah satu bentuk kegiatan rekreasi keluarga dapat dijadikan sarana untuk menumbuhkan minat membaca seperti, rekreasi ketaman bacaan, perpustakaan atau museum. Buatlah perjalanan tersebut tetap menyenangkan sehingga anak tidak merasa bosan untuk mendengarkan.

3. Berilah perhatian khusus

Orang tua sebaiknya langsung memberikan perhatian khusus pada kemampuan membaca anak. Bila mendapat hal-hal special seperti gangguan membaca atau bakat tertentu dapat ditindak lanjuti sedini mungkin.

4. Tidak pernah berhenti belajar

Orangtua sebaiknya belajar mengenai berbagai perkembangan informasi, teknologi dan ilmu. Pengetahuan terkini yang dapat dijadikan referensi bahan, media atau proses pembelajran anak.
Sumber : http://id.she.yahoo.com/tips-meningkatakan-minat-baca-anak-012808682.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar