.

STOP Kekerasan dalam keluarga CIPTAKAN SUASANA NYAMAN DALAM KELUARGA

Rabu, 26 Desember 2012

Biarkan Anak Bermain

Ghiboo.com - Belajar bukan hanya dari bangku pendidikan. Anak dapat mengembangkan diri dan belajar dari arena permainan. Namun yang diajarkan orang tua adalah makna permainan.

"Sebuah teori menjelaskan bahwa dalam bermain yang terpenting adalah makna bermain dan bukan hasil akhirnya," ujar Fabiola Priscilla, M. Psi, Psikolog Anak dari Klinik Pela 9 Bintaro di Jakarta, Minggu (15/7).

Hal ini, kata Fabiola, merupakan proses belajar agar anak dapat total dalam bereksperimen mencoba perilaku baru dan menggunakannya untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Fabiola mencontohkan, dalam permainan kombinasi Row the Boat misalnya, seorang anak harus memanjat lalu meluncur ke kolam bola. Ada juga permainan Mini Flying Fox, kemudian permainan perahu, yang mengajarkan anak keberanian, kegigihan dan sikap tidak mudah menyerah.

Kebiasaan seperti ini, membuat anak-anak dalam kehidupan sehari-harinya dapat mengimplementasikan nilai positif sebagai bentuk ketekunan dalam menuntaskan tugas hingga selesai, berani mencoba hal baru, dan memiliki motivasi meraih hal yang diinginkan.

"Penerapan ini semua tentunya perlu pendampingan dari orangtua, karena anak akan merasa lebih percaya diri dengan keterampilan yang mereka miliki," tukas Fabiola.
Sumber : http://id.she.yahoo.com/biarkan-anak-bermain-082803016.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar