.

STOP Kekerasan dalam keluarga CIPTAKAN SUASANA NYAMAN DALAM KELUARGA

Sabtu, 01 September 2012

Ini Dia Manfaat Dampingi Anak-anak Bermain

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Bermain merupakan sesuatu yang menyenangkan, apalagi orangtua mendukung kegiatan tersebut. Tetapi bagaimana dengan permainan yang ada di arena bermain di mal, taman, atau sekolah?
Saat ini tak sedikit mal yang menawarkan arena bermain bagi anak. Tetapi orangtua juga harus mengawasi anak bermain, karena tidak semua arena ada pengawasnya.
"Di sisi lain biarkan anak memilih atau melakukan permainan apa saja di arena tersebut, asal dampingi anak, jangan dibiarkan bermain sendiri, " kata S. Evangeline I. Suaidy, Jumat (31/8/2012), di Jakarta.
Peran orangtua dalam mendampingi anak bermain dengan cara mengenalkan permainan yang mengandung minat dan bakat, karena lewat permainan tersebut kita orangtua bisa mengenalkan berbagai macam profesi.
Misal pilot, dokter, polisi, pemadam kebakaran, pembuat kue, dan lain-lain. Hal itu akan menambah pengetahuan anak tentang profesi, imaji, dan memiliki cita-cita.
"Setelah bermain, kita tanya anaknya, seperti apa yang menarik dari permainan tadi. Jangan cuma nanya 'seneng nggak tadi?', anak jawabnya pasti senang, ingin ke sana lagi," kata Eva.
Jika dalam pembicaraan antara orangtua dan anak muncul ketertarikan anak dengan profesi yang dimainkannya tadi, sebagai orangtua, kita dapat memaperkan tentang apa dan bagaimana profesi tersebut, bagaimana cara mencapainya, apa saja tantangan yang dihadapi, anak akan melakukan tugas apa saja, dan sebagainya.
"Dengan berkomunikasi, menggali, bertanya ke anak, mereka melakukan proses berpikir, memilih, dan memutuskan tentang profesi masa depannya," tutup Eva dalam coaching clinic Cosmos di KidZania Jakarta.

Sumber : http://id.she.yahoo.com/ini-dia-manfaat-dampingi-anak-anak-bermain-143130151.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar