.

STOP Kekerasan dalam keluarga CIPTAKAN SUASANA NYAMAN DALAM KELUARGA

Rabu, 18 Juli 2012

Ayo, Batasi Waktu Nonton TV Anak!


Batasi kegiatan nonton TV anak Anda per harinya, jika tak ingin menderita kegemukan.
Sebuah penelitian dari Kanada yang dilansir dari redorbit.com menyatakan bahwa, anak-anak tidak boleh lebih dari dua jam menonton TV per harinya.

Berdasarkan pengamatan terhadap kebiasaan menonton TV dari 1.314 anak-anak, ditemukan bahwa pada awal penelitian, mereka menonton TV selama 8,8 jam per minggu. Dua tahun kemudian, terjadi peningkatan rata-rata kegiatan menonton menjadi bertambah 6 jam sehingga mencapai 14,8 jam per minggu.

Bahkan 18 persen dari anak-anak dalam penelitian tersebut kebiasaan menontonnya mencapai 18 jam seminggu.

Penelitian tersebut mengatakan bahwa efek dari menonton selama 18 jam pada usia 4,5 tahun akan menghasilkan ekstra 7,6 mm lingkar pinggang pada usia 10 tahun.

Dr Caroline Fitzpatrick kepala peneliti dari Universitas New York dan Dr Linda Pagani dari Universitas Montreal, menyatakan:

"Anak usia dua hingga empat tahun yang menghabiskan banyak waktu di depan TV, nanti pada akhir sekolah tingkat empat (sekitar usia 10 tahun) berkontribusi terhadap pelebaran ukuran pinggang dan menghambat kemampuannya dalam berolahraga".

Mengenai hubungannya dengan olahraga, ternyata, tambahan nonton per jam seminggunya dapat menurunkan kemampuan melompat dari posisi berdiri sebanyak 0,36 cm.

Dr Linda Pagani menandai penting penelitian ini sebagai salah satu faktor obesitas anak.

"Intinya adalah menonton televisi terlalu lama, di luar rekomendasi-sangatlah tidak bagus," jelas Dr Pagani.

Anjuran dari The American Academy of Pediatrics (Akademi Kedokteran Amerika Mengenai Kesehatan Anak) adalah bahwa anak-anak berusia lebih dari 2 tahun tidak boleh menonton lebih dari dua jam sehari.

Penelitian tersebut juga menyampaikan bahwa kebiasaan dan sikap itu dapat mengakar dan berefek negatif bagi kegiatan olahraga di masa remaja.

Untuk mengetahui lebih spesifik lagi penyakit apa saja yang dapat diindikasikan dari kebiasaan menonton TV, para peneliti menekankan diperlukannya penelitian lebih lanjut.

sumber : http://id.she.yahoo.com/ayo-batasi-waktu-nonton-tv-anak-113000495.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar